Minggu, 22 Juli 2012

Pandangan terhadap Upacara Adat Batak (Pesta Tugu Marga Panjaitan)

    Tugu Raja Panjaitan yang akan di selenggarakan pada tgl 25 Juli 2012 ini di Onan Raja Balige Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara, Indonesia. Semua marga panjaitan diharapkan akan menghadiri acara ini. Pesta tugu ini dilatarbelakangi dengan adanya renovasi terhadap Tugu Raja Panjaitan.

Apa tujuan Didirikan Tugu??

     Pembangunan tugu-tugu marga merupakan cara baru yang dilakukan oleh orang Batak didalam mengekpresikan keyakinan hasipelebeguon yang belum terkikis oleh gereja dari dalam hati orang batak. Hal itu menunjukkan bahwa roh-roh leluhur, tetap berupaya agar orang batak tetap melakukan penghormatan dan pemujaan kepadanya. Roh ini memberikan gagasan baru didalam gati orang-orang tertentu yang berpengaruh didalam masyarakat, untuk membuat sesuatu bentuk pemujaan baru kepadanya, yaitu dengan membangun tugu-tugu marga.(Silalahi James Henry 2000 Pandangan Injil Terhadap Upacara Adat Batak).
Apa itu memang sesungguhnya tujuan orang batak mendirikan Tugu marga-marga?
Tugu merupakan suatu hasil kebudayaan manusia yang mencerminkan karakter manusia itu sendiri. Bagaimana marga panjaitan berterimakasih kepada nenek moyangnya yang telah berjuang untuk membuat marga panjaitan seperti saat ini.

Tugu Marga Panjaitan ini juga sudah menjadi Tesis S2 Antropologi Universitas Negeri Medan Rohrita Panjaitan http://digilib.unimed.ac.id/UNIMED-Master-1042/1042

Begitu eksisnya Panjaitan pada saat ini bagaimana kita mewujudkan rasa terimakasih kita kepada nenek moyang kita Raja Panjaitan.

apa yang menjadi Latar belakang pendirian tugu pada kelompok-kelompok marga di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir yang merepresentasikan fungsi dan makna pendirian tugu marga-marga yang ada di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir selain itu menguraikan pengorganisasian dan pelaksanaan kasus pendirian tugu marga Panjaitan di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir dan menganalisa konsepsi pendirian tugu pada masyarakat Batak Toba.
Wikipedia
Panjaitan (ejaan lama: Pandjaitan) adalah salah satu marga Batak. Beberapa tokoh bermarga Panjaitan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar